Plastik Packing Barang dengan Berbagai Jenis dan Manfaatnya

Plastik Packing Barang dengan Berbagai Jenis dan Manfaatnya

Saat ini plastik packing barang menjadi banyak dibutuhkan. Penggunaan plastik memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sejak berpuluh-puluh tahun lamanya. Plastik untuk berbagai macam keperluan, setiap harinya dalam berbagai aktivitas. Plastik kemasan menjadi bahan sintetis atau semi-sintetis. Biasanya yang dibuat dalam berbagai jenis dan bentuknya. Seiring dengan kemajuan teknologi yang sudah ada saat ini.

Plastik kemasan menjadi banyak digunakan dan dipilih oleh para pelaku usaha. Bahkan dari sekian banyak jenis produknya yang beredar di pasaran. Jenis plastik kemasan ini dapat digunakan untuk berbagai produk, namun berbeda-beda jenisnya. Setiap plastik kemasan perlu, sebaiknya perlu untuk disesuaikan dengan produknya. Bahkan apabila Anda ingin mengemas produk menjadi awet dan terlindungi. Tentunya Anda perlu menyesuaikan dengan fungsi kemasan yang digunakan.

Plastik ini berguna untuk meningkatkan nilai jual suatu produk. Selain itu, melindungi produk juga menjadi salah satu peran pentingnya plastik kemasan. Sehingga nantinya akan sampai di tangan konsumen dengan aman. Bahkan plastik ini juga membantu Anda dalam melakukan branding produk.

Inilah Beberapa Jenis Plastik Packing Barang

Plastik yang digunakan untuk mengemas suatu barang berbagai macam jenisnya. Berikut ini beberapa jenis plastik yang perlu Anda ketahui.

PP (PolyPropylene)

Kantong plastik PP (Polypropylene) merupakan plastik yang sudah umum penggunaannya oleh masyarakat saat ini. Hal ini karena jenis plastik ini memiliki kejernihan (Clear/Transparent). Penggunaan kantong plastik PP biasanya untuk mengemas produk barang konsumsi (consumer goods). Tentunya yang ingin ditampilkan warnanya atau bentuknya.

Seperti halnya untuk pakaian, alas kaki, dan yang lainnya. Bahkan  jenis plastik ini memiliki sifat yang mampu mencegah terjadinya reaksi kimia dan tahan akan panas. Untuk mendapatkan plastik packing barang ini, biasanya pada penjualan berbagai kebutuhan pengemasan. Tempat tersebut juga menyediakan lakban, harga bubble wrap per meter, dan yang lainnya.

LLDPE (Low Linear Density PolyEthylene)

Kantong plastik PE yang memiliki struktur kimia LDPE (Low Density PolyEthylene). Jenis plastik ini menjadi pilihan utama para pelaku industri. Tentunya yang memerlukan kemasan dengan daya tahan tinggi dan elastisitas yang kuat. Selain itu, sifatnya yang fleksibel, kedap air, dan permukaannya tidak jernih. Bahkan jenis plastik ini akan berubah menjadi lunak, saat suhunya mencapai 70 derajat celcius.

Struktur kepekatannya yang terbilang rendah (Low Density). Pada bahan PE ini menjadikan plastik ini memiliki daya lentur yang kuat. Sehingga dapat menerima daya tarik atau regang besarnya saat menggunakan plastiknya. Pastinya plastik packing barang ini cocok untuk kemasan industri alat-alat berat. Seperti halnya komponen suku cadang, otomotif, elektronik, mebel,  serta industri yang menggunakan bahan cairan.

Jenis plastik ini umumnya tersedia di pasaran dalam berbagai macam ukurannya. Bahkan jenis bahan LLDPE ini yang biasanya dipilih produsen kantong plastik berdasarkan pertimbangan harganya. Biasanya harga yang ditawarkan memang lebih terjangkau oleh masyarakat. Namun memiliki kualitas dan daya tahan yang masih tetap terjaga.

HDPE (High Density PolyEthylene)

Kantong plastik HD umumnya memiliki struktur kimiawi HDPE (High Density PolyEthylene). Jenis kantong plastik ini yang memiliki daya tahan kuat akan panas yang tinggi. Hal ini karena memiliki struktur kepekatannya pada molekul polimer plastik tersebut. Kantong plastik HD sebenarnya terbagi atas tiga kategori. Jenisnya kantong HD polos (polybag), kantong HD kresek (shopping bag), dan kantong HD sampah (disposal bag).

Plastik packing barang ini juga biasa dikenal dengan nama Plastik HD Anti Panas. Meskipun sebenarnya cukup aman dari reaksi bahan kimia. Ternyata jenis plastik HDPE dapat berubah lunak, apabila berada pada suhu 75 derajat celcius.

Jenis plastik HDPE direkomendasikan untuk satu kali pemakaiannya. Hal ini karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus mengalami peningkatan seiring berjalanya waktu. Senyawa tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit, gangguan pernapasan, dan gangguan menstruasi. Bahkan juga yang paling berbahaya keguguran bagi ibu hamil. Untuk mendapatkan plastik ini terdapat di tempat penjualan kebutuhan pengemasan. Tempat tersebut juga menyediakan lakban, harga bubble wrap per meter, dan yang lainnya.

OPP (OverHeated PolyPropylene)

Kantong plastik OPP yang biasa dikenal memiliki kejernihan yang tampak seperti kaca. Sehingga sering kali menyebut plastik packing barang ini dengan plastik kaca. Jenisnya yang berguna untuk mengemas produk-produk yang ingin ditampilkan bentuk dan warnanya. Plastik ini sering terlihat sebagai wadah pembungkus roti, pakaian kemeja, kartu undangan, boneka, dan yang lainnya. Berbagai produk barang jadi yang ingin ditampilkan dengan lebih menawan.

Manfaat Plastik Packing Barang bagi Produsen

Kemasan tidak hanya memberikan manfaat kepada para konsumen, namun bagi para produsen juga akan mendapatkan manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat dari plastik kemasan untuk Anda ketahui.

Meningkatkan Nilai Jual

Produk yang memiliki kemasan menarik, tentunya menjadi banyak diminati para konsumen. Produsen percaya bahwa produk yang dikemas dengan plastik packing barang menjadi lebih aman. Bahkan kemasan produknya akan mampu meningkatkan penjualannya. Terlebih apabila menggunakan desain yang tampak lebih menarik.

Plastik Packing Barang Melindungi Produk Saat Pengiriman

Saat mengirim produknya ke berbagai distributor, tentunya juga membutuhkan perlindungan. Terlebih apabila pengiriman produknya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tentunya sebagai produsen perlu menghindari akan kerusakan produknya. Produsen harus memperhatikan kemasan, apabila merasa pengirimannya akan membutuhkan waktu lama. Produk tersebut pasti akan mengalami benturan selama pengiriman. Sehingga akan lebih baik untuk mengemas secara berlapis, mulai dengan primer, sekunder, dan tersier.

Ketiga jenis kemasannya masing-masing memiliki tujuan agar dapat melindungi produk saat terjadi benturan. Kemasannya akan menjaga kontak fisik langsung dengan produknya. Apabila barang yang dikirim sampai rusak, tentunya produsen akan mengalami kerugian.

Mempermudah Untuk Membawanya

Produk yang tidak menggunakan kemasan, pastinya akan kesulitan untuk membawanya. Hal itu karena kemasan menjadi faktor penting saat melakukan pembelian produk. Bahkan dengan menggunakan kemasan akan membantu menjaga kebersihan produknya. Terlebih apabila barang tersebut terjadi kontak fisik dengan banyak orang. Pastinya tidak akan menjamin kebersihan dari produk tersebut.

Saat ini plastik packing barang yang digunakan memiliki berbagai jenis. Hal itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Mitranpack.com kini menjadi solusi tepat dengan harga terbaik. Tentunya yang menyediakan labkan, bubble wrap, dan berbagai kebutuhan pengemasan lainnya.

Leave a Reply