Penyedia Jasa Delivery Barang yang Populer di Indonesia
Photo by Sticker Mule on Unsplash

Penyedia Jasa Delivery Barang yang Populer di Indonesia

Delivery barang – Banyaknya orang yang melakukan transaksi via online membuat jasa ekspedisi pengiriman barang sering di temui di Indonesia.

Adanya jasa ekspedisi sangat memudahkan saat Anda akan delivery barang dari suatu kota ke kota yang lain. Tarif pengirimannya sendiri berdasarkan berat barang dan jarak kota yang ditempuh.

Semakin berat suatu barang semakin berat pula biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu semakin jauh jarak kota yang ditempuh maka biayanya juga semakin mahal.

Kemajuan jasa pengiriman barang di Indonesia banyak dipengaruhi oleh semakin tingginya permintaan serta transaksi yang terjadi melalui jalur online, mulai dari toko online milik pribadi, media sosial, dan juga marketplace.

Macam layanan jasa delivery barang

delivery barang

Photo by Joel Muniz on Unsplash

Karena semua hal dapat dibeli dengan online ini, pengirimannya pun juga harus melalui kurir dari perusahaan jasa ekspedisi atau kargo. Lalu apa saja sih macam-macam jasa pengiriman barang di Indonesia?

1. Reguler

Yang pertama adalah jasa kirim paket reguler. Sama seperti namanya, jasa pengiriman paket reguler adalah jasa pengiriman dengan estimasi waktu yang standar. Armada yang digunakan menyesuaikan dengan rute yang ada.

Jika dalam perusahaan kargo biasanya pengiriman ini menggunakan armada darat ataupun armada laut, tidak menggunakan armada udara.

2. Same day services

Jasa kirim paket same day services adalah layanan untuk pengiriman barang dimana barang tersebut tiba pada hari yang sama. Biasanya jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh tetapi biayanya cukup mahal.

3. One day service

Jasa kirim barang one day service adalah layanan pengiriman paket dengan estimasi waktu pengiriman satu hari atau one day. Jadi, jika barang dikirim hari ini besoknya barang akan tiba di lokasi tujuan.

4. Kirim paket lewat udara

Sekarang ini juga sudah ada jasa kirim paket lewat udara. Jasa satu ini menggunakan alat transportasi pesawat.

Biasanya bisa antar bandara atau juga diantar sampai lokasi tujuan atau rumah Anda, disini tergantung dengan kesepakatan pengirim dengan jasa ekspedisi.

Estimasi waktu yang dibutuhkan mengirim barang melalui udara ini sangat cepat, hanya memerlukan waktu 2-3 hari setelah barang diterima.

5. Lewat kereta api

Pengiriman barang melalui kereta api tidak jauh beda dengan pengiriman melalui udara. Namun perbedaanya hanya lebih lambat karena melalui jalur darat, yaitu transportasi kereta api.

Tarifnya sendiri terbilang lebih murah dari pengiriman via udara. Estimasi waktu tiba akan mengikuti jadwal tiba dari kereta api di lokasi tujuan.

6. Jasa ekspedisi kargo

Istilah jasa ekspedisi kargo sering digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah besar. Biasanya yang memiliki minimal berat tertentu, seperti berat 100kg, 50kg, atau 30kg.

Penyedia jasa delivery barang terpopuler di Indonesia

delivery barang

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Ingin tahu jasa pengiriman apa saja yang popular di Indonesia? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. JNE

Perusahaan yang memiliki nama resmi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE) ini telah berdiri sejak 26 November 1990. Pendiri Tiki JNE sendiri adalah H. Soeprapto Suparno.

Awalnya perusahaan ini didirikan sebagai sebuah divisi dari PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki) yang ditugaskan untuk mengurusi jaringan kurir internasional.

Dulunya hanya berpusat pada penanganan kegiatan kepabean atau impor kiriman barang atau mungkin dokumen yang pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Karena melihat pasar domestik semakin menjanjikan JNE mulai memperluas jaringan domestik. Akhirnya JNE mendapat keuntungan di jalur ini kemudian ia memperluas pelayanannya dengan logistik serta distribusi.

JNE dan Tiki berkembang menjadi dua perusahaan yang mempunyai arah masing-masing dan mulai bersaing. JNE menjadi perusahaan yang berdiri sendiri dengan manajemen sendiri serta membuat logo yang berbeda dari Tiki.

2. J&T

Akhir-akhir ini jasa ekspedisi J&T atau J&T ekspress ini banyak mendapat respon positif dari para pelaku bisnis online. Banyak para pebisnis yang mempercayakan pengiriman barangnya kepada jasa pengiriman satu ini.

Jasa pengiriman yang memiliki slogan “Gratis Jemput Di Tempat” ini sangat membuat para pelaku bisnis online merasa terbantu, pasalnya mereka tidak perlu mendatangi agen pengiriman langsung. Hanya dengan menghubungi pihak agen J&T maka barang akan segera dijemput.

J&T terkenal dengan pengirimannya yang cepat, siapa sangka mengirim melalui paket dengan kategori reguler saja sudah terbilang cukup cepat.

Jasa ekspedisi lainnya mungkin akan tutup atau tidak melakukan pengiriman pada hari Minggu. Namun hal ini berbeda dengan J&T, pada hari minggu J&T tetap melakukan pengiriman.

3. Pos Indonesia

Pos Indonesia adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang layanan pos yang kini berbentuk perseroan terbatas yang sering disebut dengan PT Pos Indonesia.

Kantor pos pertama di Indonesia terletak di Jakarta atau Batavia pada saat itu yang didirikan pada tanggal 20 Agustus 1746.

Setelah Jalan Raya Pos (Groote Postweg) dibuat, lalu lintas Jawa Barat dan Jawa Timur semakin lancar dan cepat. Hal ini membuat pos pindah kantor pusat ke Bandung pada tahun 1923. 

4. SiCepat

SiCepat merupakan salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Jasa ekspedisi satu ini memiliki pertumbuhan pelanggan terbanyak selain JNE dan J&T.

SiCepat hadir di Indonesia sejak tahun 2004 yang meliputi trasnsportasi udara dan darat. “Your Delivery is Our Priority” motto tersebut membuat SiCepat menjadi partner terpercaya khususnya bagi pebisnis online dan e-commerce di seluruh Indonesia.

SiCepat sendiri dapat mengklaim bahwa jarak dalam kota yang sama hingga jabodetabek dapat diantarkan kuranng dari 15 jam. Hal ini membuat pebisnis online memilih jasa pengiriman barang satu ini.

5. TiKi

Perusahaan pengiriman barang yang memiliki nama lengkap PT Citra Van Titipan Kilat (TiKi) ini telah merintis bisnisnya sejak tahun 1970 di Jakarta.

Perusahaan yang didirikan pada tanggal 1 September 1970 oleh Ny. Nuraini Soeprapto ini telah memiliki 800 titik pelayanan yang mampu menjangkau pelosok di dalam maupun di luar negeri. 

TiKi kemudian berkembang menjadi TiKi Group yang terdiri dari beberapa anak perusahaan, diantaranya adalah:

  • TKS (Titipan Kilat Soeprapto) yang bergerak di bidang kargo
  • TIKITA (TiKi Wisata) bergerak di bidang travel dan wisata
  • TIKINDO (TiKi Logistik) bergerak di bidang layanan logistik

Itulah beberpa jasa delivery barang yang popular di Indonesia, kalau Anda bakal pilih yang mana nih?

Leave a Reply