Lakban Kertas Putih Dan Lakban Bening Beserta Keunggulannya

Lakban Kertas Putih Dan Lakban Bening Beserta Keunggulannya

Lakban merupakan salah satu alat perekat yang banyak dipakai di kehidupan sehari-hari. Lakban sendiri merupakan benda yang umumnya berbentuk gulungan selain itu benda ini adalah alat perekat yang dibuat menggunakan beberapa material seperti plastik, kain, kertas, metal aluminium, bahkan anda juga dapat menemui lakban dengan unsur karet. Ada banyak jenis lakban yang umum digunakan, Tapi jika bicara soal lakban bening pastinya lakban yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk didengar. Selain itu ada juga lakban kertas putih yang mungkin agak sedikit asing untuk didengar. Untuk itu simak penjelasan lebih dalam mengenai kedua lakban ini dibawah!

Selain lakban bening anda dapat menemukan berbagai jenis lakban dengan fungsi yang beragam. Dengan tersedianya beragam jenis lakban di pasaran pastinya membuat anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan anda. 

Apabila Anda termasuk orang yang sering membutuhkan lakban untuk keperluan membungkus paket barang atau packing terutama untuk pelaku bisnis online, umumnya lakban yang kerap kali dan cenderung sering digunakan adalah lakban bening satu  ini. 

Sebelum Anda menentukan pilihan terkait jenis lakban yang seperti apa yang sesuai untuk anda. anda dapat menyimak informasi mengenai lakban bening dan lakban kertas putih terlebih dahulu.

 

Mengenal Lebih Jauh Lakban Bening Dan Lakban Kertas Putih

Lakban bening menjadi salah satu jenis  lakban perekat yang umum kita jumpai dan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lakban yang memiliki warna transparan ini terbentuk dari bahan polypropylene film yang mempunyai kekuatan serta kelenturan yang terbilang sangat baik.

Serat dari lakban bening satu ini bukan hanya lateral, akan tetapi juga axial sehingga membuatnya menjadi tidak mudah putus atau robek saat digunakan. Sedangkan untuk perekatnya lakban bening  menggunakan material lem water base acrylic yang tentunya sangat kuat. Lakban dengan tampilan transparan  ini bisa menempel dengan sangat erat pada berbagai macam permukaan objek baik dari yang berbahan kaca, kayu, karton, kertas, besi, hingga plastik. 

Lakban bening  ini secara umum memiliki kegunaan untuk merekatkan benda pada berbagai macam permukaan ataupun benda lainnya dengan rekatan yang tentunya sangat kuat. Lakban jenis satu ini sangat bermanfaat untuk jasa pengiriman barang, maupun para pelaku usaha penjualan barang lainnya. 

Lebih dari itu, Jenis lakban yang satu ini juga dimanfaatkan oleh para pekerja seni. Dengan pilihan warna packaging yang saat ini sangat bervariasi, membuat para pekerja seni memanfaatkan lakban ini dalam membuat sebuah karya atau kerajinan tangan. 

Selain lain lakban yang transparan tersebut, ada juga jenis lakban lain yang tidak kalah bermanfaat yaitu lakban kertas putih. Mungkin beberapa orang akan merasa asing dengan Lakban kertas yang satu ini, karena memang lakban jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan tertentu saja meskipun memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari fungsi lakban lainnya. 

 

Lakban Kertas Putih adalah salah satu jenis selotip atau lakban yang menggunakan material kertas tipis untuk membuatnya hal ini tentu sesuai dengan namanya. Berbeda dengan Lakban bening yang tidak mudah robek, dikarenakan lakban kertas terbuat dari material kertas tentu membuat lakban yang satu ini memiliki sifat yang  mudah sobek sehingga dalam penggunaanya seringkali anda tidak memerlukan bantuan gunting untuk memotong lakban ini. Benda berbentuk gulungan ini cukup populer di kalangan pekerja seni karena biasa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam proses pewarnaan pada kanvas.

Selain bahan dasarnya yang berbeda dengan kebanyakan lakban pada umumnya, Lakban kertas putih ini juga memiliki daya rekat yang berbeda dengan lakban jenis bening. Lakban yang berbahan dasar kertas ini mempunyai daya rekat yang umumnya lebih rendah yang membuat lakban jenis ini dapat dengan mudah untuk dikelupas tanpa meninggalkan residu yang berupa sisa lem pada permukaan objek yang ditempel dengan lakban. Meskipun umumnya begitu, produk lakban kertas ini tetap memiliki beragam jenis yang berbeda dengan  daya rekat yang berbeda-beda pula.

Sesuai dengan sebutannya dan yang sudah kita ketahui material utama dari lakban kertas adalah kertas tipis yang dapat dengan mudah sobek. Umumnya lakban jenis ini mempunyai tekstur sedikit kasar di permukaannya. Sedangkan di salah satu sisinya, lakban kertas dilapisi menggunakan  zat perekat atau lem yang memiliki  daya rekat yang tidak terlalu kuat. Kemudian pada sisi sebaliknya, Lakban kertas  juga dilapisi oleh  zat kimia tipis yang memiliki sifat polimer dengan tujuan ketika lakban kertas ini digunakan untuk keperluan mewarnai atau mengecat, larutan dari cat tidak akan tembus serta mengenai permukaan yang sedang dicat. 

Selain lakban kertas putih, lakban kertas juga memiliki berbagai macam varian dengan kegunaan yang berbeda-beda. Jenis yang pertama adalah Watercolor tape yang merupakan Jenis lakban kertas yang  paling mudah ditemui di toko buku, jenis yang satu ini umumnya digunakan untuk mewarnai menggunakan cat air atau cat minyak. 

Jenis yang kedua adalah painters tape yang merupakan salah satu jenis lakban yang biasanya diperuntukan untuk keperluan mengecat tembok rumah. Lakban yang satu ini memiliki bentuk yang lebih tebal serta daya rekat yang tinggi dengan kandungan polimer lebih tinggi pula.

Yang terakhir adalah airbrush tape yang sering dimanfaatkan pada pengaplikasian cat semprot atau yang dikenal airbrush, biasanya jenis yang satu ini mempunyai permukaan yang lebih licin sehingga membuatnya mampu menahan partikel nano yang berasal dari cat semprot.

 

Kelebihan dari Lakban Bening Dan Lakban Kertas Putih

Sama – Sama Tahan Terhadap Air – Pada umumnya, Lakban bening yang berbahan dasar plastik tersebut tentu membuatnya tahan terhadap air dan tidak diragukan lagi. Lalu bagaimana dengan Lakban kertas yang terbuat dari kertas yang notabenenya tidak tahan terhadap air. 

Tidak perlu khawatir, meskipun berbahan dasar kertas, lakban kertas putih ini juga bersifat tahan terhadap  air alias waterproof karena lakban jenis satu ini memiliki lapisan kimia yang bersifat polimer sehingga membuatnya menjadi waterproof. 

Lakban Kertas Putih Produk Semi Ramah Lingkungan – Dengan komposisi utama berupa kertas tentu menjadikan lakban kertas putih bersifat semi eco-friendly sehingga lakban kertas putih ini bersifat biodegradable dengan kata lain dapat didaur ulang. Namun, ada bagian dari lakban ini yang tidak dapat di daur ulang yaitu lapisan zat kimia yang terdapat di kedua sisi lakban kertas sehingga lakban ini adalah produk semi ramah lingkungan karena tidak bisa didaur ulang seluruhnya.

Lakban Bening, Lakban Dengan Daya Rekat Yang Kuat – Daya rekat yang kuat tentunya menjadi alasan lakban bening ini sangat terkenal di pasaran. Daya rekat yang dimiliki oleh lakban yang satu ini menjadikannya sangat cocok untuk digunakan sebagai keperluan packing online shop

Itu dia penjelas mengenai lakban bening dan lakban kertas putih yang memiliki karakteristik yang berbeda meskipun fungsi utamanya tidak jauh berbeda. Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap terkait jenis lakban lainnya anda dapat mengunjungi website Mitran pack

Leave a Reply